Pengertian , Keunggulan , Cara Kerja Mesin, dan Daftar Mobil Hybrid Di Indonesia - Sewa Mobil Hybrid Bali

Autoz

31 July 2024

Apa Itu Mobil Hybrid?

Sebelum mengetahui perbedaan hybrid car dengan mobil biasa, sebaiknya ketahui dulu definisi lengkapnya. Sesuai namanya, ini merupakan jenis kendaraan yang menggabungkan dua mesin penggerak, yaitu mesin bensin konvensional dan mesin motor listrik.

Dengan teknologi hibrida tersebut, mobil hybrid mampu beroperasi secara efisien dan lebih ramah lingkungan. Sebab, konsep mobil hybrid memungkinkan kendaraan ini untuk menggunakan dua sumber energi berbeda secara bersamaan atau terpisah sesuai kebutuhan.

Sementara itu dari segi cara kerja, mobil hybrid dilengkapi sistem yang cerdas untuk mengoptimalkan penggunaan mesin penggeraknya. Ketika mobil berjalan dengan kecepatan rendah, secara otomatis mobil akan menggunakan motor listrik sebagai sumber daya utama.

Namun, ketika baterai listriknya habis, sistem secara otomatis akan beralih menggunakan mesin bensin sebagai sumber daya penggerak. Dengan demikian, mobil tetap bisa beroperasi meskipun dalam kondisi baterai yang habis.

Mobil hybrid lebih memikat pasar, salah satunya karena kemudahan dan harga yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. “Hybrid harganya lebih terjangkau, sudah hemat BBM, tak perlu charging station,” Kata Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto, Senin 13 Mei 2024.

Kemudahan itu membuat mobil Hybrid lebih menjadi pilihan. Kebiasaan masyarakat sebelumnya yang terbiasa mengisi bensin dalam waktu cepat juga setidaknya bisa dirasakan mobil hybrid ini. Selain pengisian listrik, mobil hybrid juga bisa menggunakan bensin untuk berkendara. Bagi produsen, juga biaya memproduksi hybrid lebih rendah dibanding BEV. Pasalnya, tingginya biaya produksi tersebut dikarenakan faktor harga baterai. 

 

Keunggulan Mobil Hybrid

Mobil dengan mesin hybrid menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Beberapa kelebihan mesin hybrid pada mobil antara lain yaitu:

  • Irit bahan bakar minyak karena bensin yang ada tidak digunakan terus-menerus.
  • Rendah emisi gas buang karena proses pembakaran yang lebih baik.
  • Minim getaran dan rendah suara mesin.
  • Peningkatan performa akselerasi dan kecepatan, hal ini dikarenakan adanya mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai yang mampu memberikan daya maksimal kepada mobil.
  • Adanya transmisi CVT (Continous Variable Transmission) sehingga mencegah getaran saat perpindahan gigi yang dapat dirasakan penumpang dan pengemudi.

Adanya kelebihan-kelebihan yang dimiliki mesin hybrid membuat aktivitas berkendara, terutama di perkotaan padat dan penuh polusi menjadi lebih nyaman. Dengan demikian jenis mobil ini menjadi alternatif tepat sebagai solusi untuk memaksimalkan udara kota yang lebih ramah lingkungan.

Perbedaan Hybrid Car dengan Mobil Biasa

  • Efisiensi Penggunaan Energi

Perbedaan hybrid car dengan mobil biasa yang selanjutnya adalah dari aspek efisiensi energi. Mobil hybrid memanfaatkan energi dengan cara yang lebih efisien dan optimal karena memiliki dua sumber energi, yaitu bensin dan baterai listrik.

Saat beroperasi dalam kondisi yang membutuhkan daya rendah motor listrik akan menjadi sumber daya penggerak utama. Hal ini membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan.

  • Emisi Gas Buang

Salah satu keunggulan utama dari mobil hybrid adalah kadar emisi gas buangnya yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil biasa. Hal ini karena penggunaan dua jenis mesin dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Jika dibandingkan dengan mobil full elektrifikasi, mobil hybrid memang masih menghasilkan emisi gas buang. Namun jika dibandingkan dengan mobil biasa,  konsumsi BBM dan emisi polutannya jelas lebih sedikit.

  • Cara Kerja

Berikutnya, cara kerja secara keseluruhan adalah salah satu perbedaan hybrid car dengan mobil biasa. Meskipun keduanya memiliki mesin bensin sebagai sumber daya penggerak, namun sistemnya berbeda.

Mobil hybrid memiliki sistem otomatis yang lebih canggih untuk mengatur penggunaan kedua mesinnya, dimana mobil dapat beralih dari mesin listrik ke mesin bensin konvensional sesuai kondisi berkendara.

  • Proses Akselerasi

Perbedaan terakhir, mobil hybrid memiliki keunggulan dalam hal akselerasi dan kecepatan mobilnya karena terdapat motor listrik sebagai tambahan sumber daya penggerak.

Kehadiran motor listrik ini memungkinkan mobil hybrid untuk mencapai akselerasi maksimal dengan efisiensi energi tinggi dan kadar emisi yang rendah. Ketika berakselerasi, motor listrik memberi daya tambahan untuk membantu mesin bensin.

Sehingga, mobil dapat melaju dengan lebih responsif dan bertenaga. Meskipun mobil biasa juga memiliki kemampuan akselerasi, namun tidak seoptimal mobil hybrid karena hanya mengandalkan mesin bensin saja sebagai sumber daya penggeraknya.

Cara Kerja Mesin Hybrid Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, mobil dengan mesin hybrid adalah terdiri dari tiga jenis, yaitu full hybrid, mild hybrid dan plug in hybrid. Masing-masing jenis memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

1.  Cara Kerja Full Hybrid

Sistem full hybrid terdiri dari beberapa jenis yaitu parallel hybrid, serial hybrid serta parallel serial hybrid. Untuk sistem parallel hybrid, sumber tenaga dihasilkan dari tiga kombinasi yaitu mesin bensin, motor listrik atau bisa juga dari kombinasi dari keduanya.

Kedua sumber tenaga pada mesin hybrid ini akan secara aktif bekerja terus menerus dan tidak dapat dipisahkan. Pada kecepatan rendah, mesin bensin akan melakukan pengisian daya baterai saat roda kendaraan bergerak.

2. Cara Kerja Mild Hybrid

Sistem mild hybrid biasanya menggunakan baterai tambahan sebagai sumber tenaga namun dengan kapasitas lebih kecil dari baterai utamanya. Tujuannya adalah untuk meringankan kerja mesin saat angkatan awal karena beban kerja lebih berat.

Cara kerja mesin hybrid jenis ini tidak memakai motor listrik yang terpisah namun memanfaatkan optimalisasi komponen starter generator dari starter motor dan alternator yang terdapat pada mesin utama. Sistem ini berfungsi untuk membantu meringankan kinerja mesin bensin dengan cara memberikan suntikan tenaga pada saat awal akselerasi

3. Cara Kerja Plug in Hybrid

Cara kerja dari sistem plug in hybrid tidak jauh berbeda dengan sistem full hybrid.  Namun mesin hybrid jenis ini menawarkan daya jelajah penggunaan motor listrik yang lebih jauh karena menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar.

Untuk  mesin jenis plug in hybrid, pemilik kendaraan bisa melakukan pengisian ulang daya baterai. Caranya adalah dengan melakukan pengecasan di rumah atau SPKLU dengan menggunakan plug in tersebut. Karena menggunakan kapasitas baterai yang besar, mesin bensin jadi jarang digunakan.

Saat ini semakin banyak pilihan mobil hybrid di Indonesia. Almaz Hybrid merupakan salah satu jenis mobil hybrid yang menawarkan berbagai keunggulan. Selain irit bahan bakar dan ramah lingkungan, mobil mesin hybrid ini juga memiliki akselerasi serta getaran mesin yang halus. Almaz hybrid bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mobil hybrid masa kini di Indonesia.

Daftar Mobil Hybrid Di Indonesia

1. Toyota Camry HEV

Intip 5 Kelebihan Toyota Camry Hybrid - Gooto.com

Mesin A25A-FXS yang meru

Toyota C-HR HEV menggunakan mesin 2ZR-FXE. Tenaganya memang tidak sebesar mobil-mobil yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni hanya 100 PS yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 36 PS.

2. Toyota Alphard HEV

Toyota All New Alphard HEV 2.5 HEV CVT 2024 - KKB BCA Virtual Mall

Toyota Alphard HEV adalah tipe 2AR-FXE, empat silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i. Kapasitas mesinnya berkubikasi 2.494 cc. Dengan mesin ini, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 152 PS pada 5.700 rpm. Torsinya 21 kgm di 4.400 rpm hingga 4.800 rpm.

3. Toyota Prius Gen-4

Remanufactured Toyota Prius Gen 4 Hybrid Battery (2004-2009)

Toyota Prius Gen-4 ini dibekali dengan mesin 1.797 cc 4 silinder, DUal VVT-i, DOHC. mobil berjenis liftback ini bisa menghasilkan tenaga hingga 98 PS pada 5.200 rpm. Sementara itu, motor listrik yang disematkan bisa menghasilkan tenaga sampai 72 ps dan torsi 16,6 kgm.

4. Toyota C-HR HEV

Warna Toyota CHR Hybrid - Pilih Dari 6 Pilihan Warna | Oto

Toyota C-HR HEV menggunakan mesin 2ZR-FXE. Tenaganya memang tidak sebesar mobil-mobil yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni hanya 100 PS yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 36 PS.

5. Toyota Corolla Altis HEV

Toyota New Corolla Altis HEV 1.8 HV A/T 2024 - KKB BCA Virtual Mall

Corolla Altis juga dikenal sebagai sedan mewah. Mobil ini dibekali dengan mesin 2ZR-FXE seperti CH-R, dengan kapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC dan juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i.

6. Toyota Corolla Cross HEV

NEW COROLLA CROSS HEV – Kalla Toyota Sengkang

Mobil hybrid Toyota berikutnya adalah Toyota Corolla Cross HEV. Mobil ini dibekali mesin dengan kapasitas mesin 1.798 cc 4 silinder DOHC, Dual VVT-i. Semburan tenaganua bisa mencapai 98 PS. Mesin hybrid mobil ini diberi kode 2ZR-FXE.

7. Toyota Prius PHEV Gen-2

Harga Toyota Prius PHEV 2023, Siap Masuk Indonesia?

Toyota Prius PHEV Gen-2 ini memakai sistem HSD (Hybrid Synergy Drive) II sebagai pengatur kinerjanya. Meskipun begitu, Toyota Prius PHEV Gen-2 ini memakai mesin yang serupa dengan pendahulunya, yakni 2ZR-FXE 1.797 cc. 

8. Toyota All New Kijang Innova Zenix

Toyota Bandung 2024, Test Drive, Showroom, Service di Plaza Toyota Bandung

Mobil hybrid Toyota terakhir dan teranyar adalah All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Mesin yang disematkan pada mobil ini adalah Toyota Hybrid System generasi kelima. Sistem terbaru ini membuat kontrol produksi tenaga pada motor bakar maupun motor listrik lebih optimal.

Sehingga, performa yang dihasilkan tetap superior, dengan efisiensi yang lebih baik dan tentunya rendah emisi gas buang. Jadi, lebih ramah lingkungan, tetapi mesinnya tetap mumpuni dan konsumsi BBM tetap irit.

Kijang Innova Zenix memakai mesin TNGA 2.0L dengan tenaga M20A-FXS. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm.

Kapasitas mesinnya yaitu 1.987 cc 4 silinder dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini diperkuat dengan adanya motor listrik dengan daya 113 PS dan torsi 21 Kgm. Sehingga, tenaga gabungannya mencapai 186 PS.

Motor listrik Innova Zenix juga dibuat compact, sehingga komponen di dalamnya bisa meningkatkan power output. Termasuk adanya downsized transaxle yang berfungsi menyalurkan tenaga ke roda depan yang bisa menghasilkan efisiensi optimal dan juga lebih senyap saat beroperasi.

9. Grand Vitara Hybrid Model GL dan GX

Suzuki Grand Vitara, Smart Hybrid Bikin Mesin Lebih Efisien - MUF Online  Autoshow

Grand Vitara, salah satu produk unggulan Suzuki yang dikenal sebagai SUV tangguh dan stylish. Dalam pricelist mobil hybrid-nya, Grand Vitara semakin menarik dengan berbagai fitur unggulan yang disematkan pada kedua varian, GL dan GX.

10. All New Ertiga Hybrid

All New Ertiga Hybrid - Harga dan Spesifikasi | Suzuki TRIDHARMA ADIGRAHA -  Ambon

All New Ertiga Hybrid merupakan representasi dari komitmen Suzuki dalam menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan kenyamanan dan fungsionalitas.

Dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, Ertiga Hybrid mengintegrasikan teknologi pintar Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-ION. 

11. New XL7 Hybrid

New XL7 Hybrid – Dealer Suzuki Semarang

New XL7 Hybrid menonjol dengan desain eksterior yang dinamis dan modern. Kendaraan ini menggabungkan estetika yang menarik dengan fungsionalitas yang tinggi, menjadikannya pilihan bagi mereka yang mencari kombinasi gaya dan kinerja.

Salah satu fitur unggulan dari New XL7 Hybrid adalah teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang maksimal tanpa mengorbankan performa.

12. Xpander HEV dan Xpander Cross HEV

Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV Meluncur di Thailand:  Mengusung Teknologi Hybrid e-Power
Sumber tenaga barunya dengan teknologi MIVEC itu sanggup menghasilkan tenaga 95 dk pada 5.100 rpm dan torsi 134 Nm di 4.500 rpm. Sementara motor listrik penggerak yang terhubung ke dua roda depan bisa mengeluarkan tenaga 116 dk dan torsi 255 Nm. 

Hanya saja, untuk Xpander HEV dan Xpander Cross HEV pilihannya lebih banyak yakni ketambahan Tarmac Mode, Charge Mode, dan EV Priority Mode. Selebihnya sama ada Normal Mode, Gravel Mode, Mud Mode, dan Wet Mode.
13. Hyundai Santa FE
Santa Fe Hybrid dan Genesis GV70 EV, Mobil Listrik Pertama Korea yang  Diproduksi di AS - TribunNews.com
Mobil tersebut memiliki dimensi sebesar panjang 4.831 mm X lebar 1.899 mm X tinggi 1.770 mm, dan jarak sumbu roda 2.814 mm.

Terdapat pula fitur seperti Blind-Spot Collision Warning (BCW), Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Remote Smart Parking Assist (RSPA), Advanced Rear Occupant Alert (Advance ROA), dan Lane Keeping Assist.

Dilengkapi pula fitur keamanan seperti Vehicle Stability Management (VSM), Hilistart Assist Control (HAC), Downhill Brake Control (DBC), Power window lock-out button, dan Rear View Monitor (RVM).
14. Hyundai Palisade
2024 Hyundai Palisade | Safford Brown Hyundai Leesburg
Hyundai Palisade merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Premium yang memilki tampilan exterior dan interior yang mewah, gagah, sporty serta modern. Dilengkapi juga banyak fitur berteknologi canggih yang akan mendukung rutinitas sehari-hari Anda dan keluarga.
Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai  Pengertian , Kelebihan , dan Jenis Mobil Hybrid.
Sewa Mobil Hybrid Bali
Selain jasa Sewa Mobil Manual dan Matic Lepas Kunci Murah di bali, kami Juga Menyediakan Paket Tour Harian Hemat Bali Yang Dapat Mengajak Anda Mengunjungi Tempat-Tempat Wisata Terkenal Di Bali Dengan Harga Yang Terjangkau. Dengan Pengalaman Driver Dan Guide Kami Dalam Tour & Travel Di Bali, guide yang profesional akan membantu Liburan di Bali anda membuat pengalaman wisata yang tak terlupakan selama di Pulau Dewata. Dengan Promo Gratis Antar Jemput Airport, Bisa Antar Jemput Ke Hotel, Rumah, Pelabuhan dengan ongkos ekspedisi yang murah semakin memudahkan untuk Sewa Mobil Lepas Kunci 24 Jam Di Bali.  Kami Juga Menyediakan Sewa Mobil Minibus & Bus  Bali  Yang Berkapasitas Hingga 45 Orang Untuk Keperluan Bisnis Atau Keluarga Anda, Seperti Travel, Outing, Gathering, Outbond, Wisuda, Wedding, Festival dan Event di Bali.

Booking Now!
Kami Menyediakan Layanan Bantuan 24 Jam Di WhatsApp Dan Telepon Sehingga Anda Dapat Merasa Aman dan nyaman selama perjalanan.

 

Berita & Artikel